Saturday, December 9, 2017

Ngambang

Yang dikatakan Jalaludin rumi mmglah benar.  Rasa rindu n cinta ITU adalah samar,,, semuanya samar.

Bicara cinta....ITU bgtu abstrak n TDK q mengerti.
Merasakan rindu.... ITU pun hampa ta bisa di rasakan.

Dalam otak tidak Ada lagi yg namanya kata cinta apalagi rindu.  Yang bisa kubaca sekarang INI adalah logika n kenyataan yang Ada.

Ta bisa membaca ap ITU cinta n APA ITU rasa rindu. Ataukah mungkin sudah mati rasanya???


Ada kata cinta...Ada pula rasa dijatubi cinta. Keduanya hampir sama tetapi berbeda rasa.  N rasanya ITU yang sekarang ta cari????  Klo cinta sdhlah hambar tuk q nikmati.

Ada rindu..   Adapula di jatuhi rasa rindu.  Sama kata tapi beda makna.


Klo kau Tanya cinta kah aku???  Rindu kah aku???????  "Aku tidak tau"

Dijatuhi rasa cintakah kamu????  Dijatuhi rasa rindukah kamu????  "Ta bisa merasakan aku".




Saat kini otakku lebih berjalan keTimbang rasa q.  Mungkin adh terlalu lama koyakan yang ada jadi terasa tebal .

Saturday, November 25, 2017

Tabrakan

Tuk membuat sejarah kehidupan manusia dalam pedoman hidup haruslah menikah.

Menikah ITU dasarnya adalah "tabrakan rasa" Dan "tabrakan logika". Kedua2nya sangatlah penting n prioritas.


Jika menikah atas dasar tabrak logika hasilnya,  menikah.... Menikah.... N menikah tak pernah akan usai sampai merasa menikah.... Menikah... N menikah yang bisa menghentikan adalah "suatu Hal" yg begitu menderita.



Menikah atas dasar "tabrak rasa" cenderung lebih mendasar ketimbang menikah "tabrak logika". Menikah tabrakan INI membuat simpul yang terus terikat semakin banyak. 

Semakin banyak simpul,  semakin banyak pula Hal2 kecil yang begitu 'tidak match" dengan perasanya.  Akan tetapi semakin dirasa maka semakin kuat tuk membentuk simpul baru tuk saling melengkapi.


Ada yang bilang "makan cinta thok emg bikin kenyang? "....lah kalau ta balik "makan duit thok ap bisa timbul cinta? " jawabnya "iya"  .


ITU yg dibilang "tabrakan logika" lalu "jatuh cinta" . Bukan "tabrakan rasa" lalu "dijatuhi rasa cinta".



INI menurut Cara pandang q... Mungkin berbeda dgn Cara pandang reader.


Aku menulis bukan hanya rasa tapi juga logika. ITU gue 😎 gmn mnurut reader.


Sunday, November 12, 2017

Wani balapan opo tetep Ono start ae

Penciptaan Logika....
Terlihat,  terukur Dan tercipta seperti alat penukar pemenuh kebutuhan.

Penciptaanya memang diciptakan sebagai pemenuh kebutuhan bukan untuk kebutuhan penuh.

Jika penciptaanya di jadikan kebutuhan penuh sudahlah sangatlah bodoh kamu diciptakan.  Tetapi jika sebaliknya itulah yang disebut cerdas.

Dalam penciptaannya memang sangatlah punya peran utama tapi bukan utamanya peran dari kebutuhan.


Yang nampak sangatlah tinggi akan itu sampai rela njengat sana, njengit sini, sikut sana, sikut sini demi dikatakan tinggi kursi dan bajunya, sampai ada yang hormat segala demi di anggap teman, saudara dan orang terpecaya.


Mencari alat kebutuhan itu seperti balap motor GP "siapa cepat dia dapat"  ada pepatah menuliskan. Bukan cepat tuk mendapatkan alat kebutuhan melainkan cepat dalam menjalankan "logika berjalannya" sesuai proses dan "nikmati hasilnya".

"Usaha tidak pernah menghianati hasil" itu sudahlah benar. Ibarat kebanjiran kalau tidak "segera" bergegas mempersiapan diri "memindahkan" barang2 penting akan terjadi......jawab dewe 😁.

Jika kesemuanya penciptaan alat terus didewakan,  di utamakan terus piye penciptaanmu sebagai yang katanya paling tinggi derajat e???? Dia ITU kita yang buat terus kenapa kita yang jadi budaknya???  Harusnya dia yang jadi budak kita! !!!!!!!  Inyong e jujur poseng nek mikir or disambati Bab koyok kiye???  Kdang inyong mikir APA utek e inyong yak yang doboh????



Saturday, October 7, 2017

Jemari


"Disetiap pengorbanan n kebahagiaan pasti meninggalkan RASA"

Yang berkorban menyisahkan kesedihan dalam.... Yg bahagia menanggung beban dari rasa kesedihan. 


Yang kesemuanya itu... Bobotnya sama aja. Berimbang.... 


Manusia harus banyak menerima segala hal dgn hati terbuka... Belajar tuk membesarkan otak drpd kepala. 

Jadilah jemari yg sll mengikat satu sama lain.... Seperti telapak tangan yg sanggup melakukan tugasnya telapak tangan. 


N Tuhan Maha dari segala hal sekehendaknya. 
Penguasa mutlak dr semua ciptaanya. 


Note : ketika berserahlah sepenuhnya... Jgn setengah2. Jika setengah2 kamu meragukan penciptanya.... By babe q

Tuesday, September 12, 2017

Menanam


Belajar buat tandu adalah hal yang paling menyenangkan dari kegiatan tekpram,,,,bermain dialam menyatu dengan alam. Tidak hanya belajar teknik tapi pula belajar pengendalian diri dalam menangani korban, mengobati luka, menanam rasa cinta serta kooperatif antar sesama. Anak banyak merekam segala kejadian dengan cara melihat, mendengar baru kemudian mempraktekkan. mind setnya uda ketanem sedari kecil dan hasilnya akan terlihat ketika sianak umbuh masuk kedalam lingkungannya.

kendali terpenuh adalah si penerima bibit dan si petani,,, maka bener kalo tumbuhnya tanaman dan pohon itu semua akan menjadi baik dan tidak bagaimana cara petani merawatnya. seorang sahabat berkata " manusia hidup itu seperti pohon tinggal bagaimna air (hubungan intern dan  ekstern) dan pupuk (keTUHANan). 

 contoh kecil...wlw sebenernya w belum nya sempurna menjadi yang sesungguhnya dalam sebutan IBU, w belajar dari emak w yang pernah mengandung kedua adikw,,,segala hal yang dibenci teryata adalah ahal yang akan sangat paling disukai. wktu hamil si bontot emak mual-mual klo denger kata-kata TEMPE , yg pertama emak mual-mual klo denger kata mie....alhasil mlh jadi makanan favoritnya mereka-meraka. n sewaktu w tanya wktu w masih di alam azali emak suka banget yang namanya dengerin radio dan babe suka banget sama nulis yang efeknya buku diarynya babe dr doi masih lajang sampe punya w hancur lebur cz w sobek-sobek (belajar nyobekin kertas/ nulis).

sorry melnceng... back to pohon....


Tunas yang baik tumbuh atas dasar spiritualis yang benar-benar bakoh dan paling mendasar. maka wanita diwajibkan ketika memilih seorang tulang punggungnya dalah ketahanan spiritualisnya yang benar-benar kuat. spiritualis adalah ageman/pedomanNya hidup. setelah memasuki tumbuh kembang yang baik dan cukup untuk diberilah pupuk intelektual-rasional sesuai level kebutuhan semakin tumbuh levelnya dinaikkan sedikit demi sedikit agar kaut berperang dalam penyerangan hama (lingkungan), kemudian masuk pada pemupukan pedagogis dan andragonis. seiring dengan tumbuhnya daun-daun, makin tinggi, dan banyak cabang-cabangnya si pohon akan merekam semua yang dilihatnya, belajar mempertahankan diri dan menganalisa semua serangga yang akan menyerang. kira-kira serangga menyebabkan gripisnya kelangsungan tumbuhan ato makin bertambahnya protein yang didapat. back to its self. 


pohon yang sudah tumbuh kokoh, banyak dahan , ranting, bunga bahkan buah pun perlu adanya pemupukan dan pemberian air, akan tetapi levelnya yang sangatlah berbeda. Pohon yang sudah tumbuh itu haruslah berdialog intelektual dengan pohon-pohon lainnya guna menerap semua pupuk yang mempunyai level-level berat agar tidak tertipu akan adanya wangi bunga dan serangga, mendekat pada pohon-pohon lain agar belajar sedikit rayuan empirik,,,bukan rayuan-rayuan gegombal n lebe yaaaa...tapi belajar untuk menjadi orang yang dinamis dan statis saat tumbuh di atas tanah. Baru kemudian mendaya-gunakan gelombang spiritualisnya untuk memperbaharui hasil pemupukan, dikombinasikan, diserasikan sudah sesuaikah ????? 

Landasan  spiritualis yang sudah tertanam saat tunas tumbuh. sehingga saat pohon sudah tumbuh dengan akar yang semakin banyak, batang, dahan yang besar, daun, bunga dan buah, tidak mudah tumbang akan adanya serangga dan hewan yang datang tuk hinggap sesaat.  Semua tudak hanya bisa tumbuh atas dasar satu hal, kesemuanya adalah sepaket pupuk yang saling mensupport satu dengan yang lainnya. tidak bisa berlebihan tidak pula kekurangan.


Bukankah pohon tidak hanya memerlukan akar untuk tumbuh dan kokoh berdiri ???😀 



Ampun dados pencandu nggih reader....w hanya menulis berdasarkan apa yang terjadi diri w, atas pengalaman yang w lakukan sehabis melalui masa-masa bangor hiiii.


jangan jadikan tulisan ini sebagai patokan,,,,karna itu salah, w cuma nyofas pembelajaran yang dikasihkan babe n emak w.

tapi jadikan tulisan w ini sebagi referensi reader biar gak kayak w yang radikal dulu.




 

Monday, September 11, 2017

di jemuran atas tingkat



  Bahasanya cukup verbal dan menohok bagi yang ketohok, tapi cukup bikin ketawa geli w...
kata-kata ini terucap saat w masih duduk dikelas 4 SD dimana w bengal banget, dari nonjok cowok sampe pingsan, ngigit mbk ipah sampe masuk puskesman n sampe emaknya Dini marah-marah akibat w ngejambak anaknya yang genitnya minta ampun. wkwkwkkwk masa-masa SD sobbbb 😀😁

w ceritain atu-atu kenapa babe sampe ngeluari statement ini ke w yang bengal kala itu....cowok w lupa namanya, anak gang atas yang sukanya ngejekin w karna keadaan fisik w yang emang beda dari yang lain, rambut kribo, mekar, kulit item, pesek singkat kata w mirip anak papuan import (afrika). nah si cowok seneng nya ngegodain n ngejek keadaaan fisik w, suatu ketika dimana w yang hobbi kegiatan outdoor ( join pebcak silat pagar banten dan beksi ) kala itu, respek nonjok ntu cowok sampe klepek-klepek kagak bisa bangun...hiiiiiiiiiii aksi gak boleh ditiru 😋😋 semenjak kejadian ntu cowok uda kagak berani lagi dah ngejekin w. (first moment) emaknya dateng kerumah ngelaporin ke emak w klo w uda buat anaknya babak bunyak wkwkkwkwkwkwkwkkwk..... (horeeee manang coy ) akakak, wlw akibatnya w di marahin emak hiiiiii.


second, mbk ipah tetangga depan rumah w yang sukanya klo maen in gapping, sipa yang gak bisa masak-masakan ato gak punya boneka, kagak ditemenin (w kagak suka boneka dan masak-masakan lebih milih jadi hansip or satpam), entah kenapa waktu duduk sebelahan dan mbk Ipah ngejekin w dan sukanya gapping sama temen-temen yang lain, perlahan-lahan w duduk disebelahnya dengan kepala sedikit mlipir ke bagian punggung belakangnya dan gigi w uda tertancap di punggungnya sampe dia jejeritan wkwkwkkwkwkwkwkkwwk alhasil ntu punggung kiri biru akakkaakak (mirip drakula w ) akakkakakakak, neneknya marah-marah sma emak w tapi emak diem aja karna mmg tau kenapa w begitu, emak juga mbilangin klo berbuat kayak gitu kagak pantes tuk anak cewek n gak sepantasnya mbales segala hal dengan "kekerasan" biarin aja si Ipah,,,jangan diladenin. 😆 udah melebihi batsan jadi gigi w gatel mo ngigit.


third, ini adalah kejadian yang paling parah dalam aksi pembalsan dan jengkel yang terpendamnya w, Dini punya 7 sudara yang mana semua sodaranya diawali dari hurup D,,,,dini, diah, dedi, deri, devi, defri,,,w lupa saking banyaknya akakkakakak,,,Dini sepupunya IPah yang abis w gigit sampe biru dan masuk PUSKESMAS,,,teryta berbuntut runtut Dini kagak terima sodaranya w gigit, Dini makin eraja lela dimana semua temen kagak boleh bertemen sama w, klo maen karet mesti w suruh jaga mulu,,,gak pernah disuruh maen (emg w kagak bisa maen karet bisanya maen gundu ) pasti menang.
maen karet jaman w adalah maenan yg uda bener-benenr berkuaitas soalnya selain adu kekuatan, ketangkasan dan fisik bener-bener stategi yang baik dari loncatan dasar, pipis, udel, pinggang, dada, pala, pala sekepel, pala dua kepel, merdeka....wowo....loncatan tertinggi kayak atlet, sayang sekarang uda punah.


back to Dini....
saking pengen balas dendamnya sama w akibat hal ntu, Dini selalu berbuat yang gak fair sama w, karna w kesel ke dia, Dini w tonjok dadanya akakakakakakka dan emaknya pun marah-marah ke emak w sampe Dini nyesek hihihiihiiihihihihihi teryata w dulu bener-bener radikal 😓. mlm setelah kejadian tersebut sehabis ritual makan bersama sama babe, w di panggil babe untuk naik ke tingkat jemuran disana w ngobrol banyak sma babe terkait kejadian-kejadian yang terjadi sama w. baik disekolah, dilingkungan dan teman-teman w. bahasa yang babe sampaikan cukup singkat dan verbal saat itu, didukung suasana hening di t4 jemuran,,,,

"gimana organisasinya disekolah" babe
" lancar, seru kemaren abis faith sama kakak kelas .menang" (pemer) w
"wktu mau latihan baca doa dan sumpahnya dulu gak?" babe 
" iyalah....pasti dan harus!!!"
" hafal ndak...?" dengan mimik tersenyum
" hafal dong,,,," (sambil nyebutin,,,,dan w lupa apa aja yang jelas didalamnya ada kata-kata tidak boleh menyerang klo tidak diserang dan bukan untuk adu kekuatan maka kami siap menerima sanksi)
" nah...kamu kowe wes melanggar tho nduk" sambil ketawa
 saat itu w cuma bisa nunduk malu dan salah banget coz w uda melanggar hal itu. teryata hal yang w lakukan selama ini adalah tindakan yang sudah melanggar sumpah w, semua dikuasai oleh perasaan ego dan amarah yang sangat tinggi.

babe menyampaikan bahwa w harusnya tidaklah berbuat seperti itu,,bahwa orang yang berilmu iu haruslah seperti "padi" kaian berisi kian merunduk,,,,bukan seperti alang-alang, orang yang berilmu itu haruslah tinggi jiwa maklumnya, lebih sabar dalam banyak hal dan mengakui setiap tindakah perbuatan yang atas apa yang dilakukan. itu baru yang dinamakan orang yang penuh ilmu dengan landasan spiritualis yang bakoh. saat itu w cuma bisa mewek sambil nahan biar gak ada yang denger dan babe tersenyum manis sambil ketawa. babe tau klo w menyesal atas apa yang w perbuat dan babe seneng w mengakuinya.

dalam pengajaran yang diberikan babe n emak gak pernah w dapetin disekolah dan lingkungan yang w singgahi, semua lingkungan memeang radikal dan beringas saat itu, tapi babe n emak hadir di saat w bertransisi menjadi cewek srikandi yang sukanyanya aktivitas cowok, dan itu pun gak ada larangan buat w dengan alasan kuat. hidup di ibukota yang radikal dan serba mewah klo gak punya potensi kekuatan (verbal) silat mungkin w udah gak tau jadi apa akakakkakakak. ( buat jaga diri/ tameng). dari lingkungan dan temen-temen w yang mayoritas cowok abis dri kalangan bringasan. baru w sadari setelah w beranjak usia 13 tahun.


"nduk....wong seng berilmu iku ura pamer bab kekuatanne, ura pamer bab ndeduene malah nutupi opo seng de e due, iso di tunjukkkan disesuaikan tempatnya bukan kapasitasnya"  babe..... w masih sesengukan meratapi kenakalan w, keradikalan w dan menyesal atas apa yang w lakuin cz w uda melanggar sumpah w 😭.

" sesuk nek di ece, di lokne bentuk apapun ojo kegowo suasana, meluo ngalen, gae wong nguyu iku amal lan jipuken segi positip e , wong seng seneng e jahat menyang awakmu iku adalah SAHABAT seng urung iso DAMAI menyg awakmu, kudune nduk awakmu seneng soale ana pikirane wong kae,,,mung awakmu,,,ben ketemu ngece, ben ketemu ngelokne, ben ketemu ngecing, ben ketemu dkk,,,, awakmu" dadi artis" ana pikirane".....seketika w yang mewek sesengukan jadi ketawa terbahak-bahak n babe,,,,, pas w logika mmg ada benernya akakakakkakakak.



" kanggo pangeling-elingmu nduk....ilmu iku dudu senjatane go nibakne wong, meremehkan opa maneh kanggo nunjuk ake nek kowe kuat, iku salah, aja mbog baleni yo nduk ".....


n kata-kata itu sampe sekarang tertanam di otak w,,,betapa begitu embuhnya w akakkakak
betapa ..oh....betapa akakakak....quote nya cak nun makin membuat w semakin memahami lebih dalam akan makna yang sebenarnya dai kata "orang berilmu".









Thursday, September 7, 2017

Manuk

"Jiwa belajar dari jiwa-jiwa Yang lain. Bukan dari kitab atau ceramah agama" 

Sekilas gambar burung warna biru,hijau,kuning, merah dan oren. Bertengger diatas dahan kering n backgroun coklat tanah.

Awal melihat lukisan ini, mata q terpanah akan warna burung yang warna-warni. Setelah menelaah pesan pelukis timbul pertanyaan hati??? Kenapa pelukis menuliskan 2 kalimat tadi.

Kalimat nya tidak mudah dipahami karna penggunaan bahasa filosop.  "Didalam pesan, ada pesan" .

Teryata setiap pelukis membawa konsumennya ke dunianya,,,ketika konsumen faham dan mengerti pesan dari suatu lukisan , ditinggalkanlah si konsumen....dipantaunyalah si konsumen sampai benar-benar terjerat n ketagihan. 😂


Seorang pelukis menciptakan karyanya berdasarkan mood boasternya, aliran apa yang mau di gores, pesan apa yang mw pelukis goreskan semua tertuang di lukisannya. Yang berjalan adalah mata hatinya bukan rasionya.

Gambar burung adalah jiwa manusia.  Burung merah melambangkan jiwa manusia Yang Seperti api,  pemberani, gagah,  dinamis dan berbahaya.

Burung biru melambangkan ketenangan,damai, kebenaran, kesetiaan dan kesedihan.

Burung kuning melambangkan matahari, cerah, suka cita, iri dan kebencian.

Burung hujau melambangkan dingin, kesejukan, ketenangan, pertumbuhan dan harapan.

Burung ungu melambangkan kekayaan, berkabung,bangsawan, rahasia dan mewah.

Burung oren melambangkan apa ya 😂
Kalian bisa tanya sama jebolan seni terkait hue hiiiii 😛


Manusia di lambangkan seperti dahan pohon t4 tinggal jiwa (ruh).
Background coklat adalah bahwa segala atas penciptaan berasal dari tanah. 


Ngambang

Yang dikatakan Jalaludin rumi mmglah benar.  Rasa rindu n cinta ITU adalah samar,,, semuanya samar. Bicara cinta....ITU bgtu abstrak n T...